Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Samsung J8

Samsung J8

Kelebihan dan Kekurangan Samsung J8

Ponsel Samsung Seri J8 Merupakan seri J Samsung teranyar, dan memiliki spesifikasi-spesifikasi yang lebih unggul dan paling lengkap daripada seri J lainnya. Ponsel ini lebih merujuk pada konsumen para millennials. Bagaimana spesifikasi – spesifikasi ponsel yang dimiliki ponsel ini? Mari kita simak ulasan ponsel Samsung J8 ini.
Spesifikasi

1. Dimensi

Ponsel ini memiliki dimensi ponsel seluas 159.2 mm x 75.7 mm dengan ketebalan 8.2 mm dan berat sebesar 177 gram. Memiliki bahan ponsel yang terbentuk sepenuhnya dari plastik. Dengan warna bertipe doff, maka bagian belakang akan suka menempelkan bekas genggaman. Namun tidak meninggalkan bekas sidik jari tangan.
Keunggulan dari doff ini ponsel tidak mudah licin, tidak mudah tergores, dan tidak merasakan panas ponsel. Namun kekurangannya adalah mudah kotor. Ponsel ini mudah dan enak digenggam karena bahannya dan terdapat lingkungan di ujung kiri kanan bagian belakang ponsel.
Rincian bagian bodi ponsel ini pada bagian depan terdapat layar AMOLED Infinity display, satu buah kamera selfie serta flash, dan ear piece. Untuk bagian belakang terdapat dual camera dengan flash, dan sensor sidik jari. Bagian frame atas polosan saja. Bagian frame bawah terdapat input charger bertipe B, headphone jack berukuran 3.5 mm, dan lubang kecil microphone yang digunakan untuk telefon.
Pada frame bagian kanan terdapat tombol power, dan diatasnya terdapat lubang speaker. Dan pada frame bagian kiri terdapat dua buah tombol volume up and down, triple slot yang terpisah untuk dual sim card dan micro usb dedicated. Untuk kekuatan built body dan tombolnya terasa solid.
Dimensi layar sebesar 6 inci dengan aspek rasio panjang lebar 18:5 ini didukung dengan layar Super AMOLED capacitive touchscreen dengan resolusi layar 720 x 1480 piksel yang siap memanjakan mata  Anda dengan melihat multimedia lebih berwarna. Layar sudah memiliki tampilan khas masa kini atau yang disebut sebagai Infinite Display khas Samsung sehingga layar 6 inci ini memiliki bezel yang tipis pada bagian kiri dan kanannya.
Juga dengan keunggulan lebar layar ini dapat dimanfaatkan untuk multitasking atau menampilkan dua aplikasi secara bersamaan yang lebih enak di operasikan.

2. Software

Disematkan dengan chipset prosesor Quallcomm SDM450 Snapdragon 450 berkekuatan Octacore Cortex-A53 sebesar 1.6 GHz. Memiliki memori penyimpanan internal sebesar 32 GB dengan memori prosesing atau RAM sebesar 3 GB.
Jika ruang penyimpanan 32 GB masih kurang karena ukuran file zaman sekarang sudah cukup besar – besar, maka ponsel ini menyediakan slot untuk memasukkan micro SD yang dapat menampung kapasitas hingga 256 GB. Sistem operasi ini seperti khalayak ponsel android umumnya sudah berbasis Android Oreo seri 8.0.
Setelah dicoba digunakan untuk menjalankan aplikasi permainan, kekuatan ponsel ini dapat menampung kualitas visual di level menengah. Walaupun demikian, ponsel ini dinilai cukup untuk menjalankan aplikasi game - game lainnya. Jika digunakan untuk kegunaan harian, ponsel ini sudah beroperasi cukup baik.

3. Kamera

Samsung kembali menunjukkan kemampuan kualitas kamera yang bagus namun tidak perlu meninggikan pikselnya. Kamera utama pada ponsel ini didukung dengan dual camera yang terletak pada bagian belakang tengah ponsel. Sedangkan flash berada di sebelah kanan kameranya.
Dual camera ini memiliki kemampuan mengambil gambar dan video dengan kamera utama sebesar 16 megapiksel autofocus dengan bukaan diafragma kamera 1.7 (f/ 1.7). Kamera satunya yang merupakan kamera yang digunakan sebagai alat pengatur live focus ini berukuran 5 megapiksel dengan bukaan diafragma kamera sebesar 1.9 (f/1 .9), sehingga kamera ini dapat membantu untuk menghasilkan efek gambar blur bagian background atau bokeh.
Pengaturan efek bokeh juga bisa disetel besar kecilnya pasca pengambilan gambar.
Sedangkan untuk kemampuan ponsel bagian belakang diperkuat dengan kamera beresolusi 16 megapiksel dengan bukaan diafragma lensanya sebesar 1.9 (f/ 1.9) yang dilengkapi dengan flash pada bagian depan ponsel yang dapat diatur tingkat cahayanya. Kamera depan juga dilengkapi selfie focus mode.
Dengan kapasitas kamera seperti ini untuk mengambil sebuah potret baik dengan kamera depan maupun kamera selfie, ponsel ini dapat mengambil gambar dengan baik dalam kondisi low light dibarengi dengan bukaan diafragma lensa yang lebar juga selain adanya flash.
Untuk kualitas pengambilan video, keduanya memiliki resolusi perekaman video 1080p atau kualitas FHD dengan frame rate sebesar 30 fps. Sayangnya dalam pengambilan video, belum didukung dengan OIS sehingga video tidak stabil jika ada goncangan yang diterima.

4. Fitur Umum

Ponsel Samsung J8 hadir dengan kekuatan sinyal 4G LTE yang dapat menampung dua kartu sim berukuran nano. Slot terletak pada bagian frame kiri bersebelahan dengan slot kartu memori. Didukung pula dengan kecanggihan Signal Max untuk memperoleh sinyal yang lebih baik.
Kapasitas baterainya juga cukup besar, menampung baterai sebesar 3500 mAh, wajar jika ponsel ini sedikit terasa tebal. Penggunaan normal dapat bertahan hingga seharian penuh, hal ini didukung selain dari besar daya, juga dengan chipset Snapdragon 450 yang juga dikenal sebagai hemat konsumsi daya. Pengisian daya bertipe USB tipe B yang belum didukung dengan fast charging dengan kemampuan output daya sebesar 5V = 1.55 A.
Biometrik fingerprint sudah disediakan yang terletak pada bagian belakang ponsel posisi di bawah kamera. Melengkapi fingerprint, ponsel ini mampu membuka keamanan ponsel melalui Face Unlock.
Port Headphone Jack berukuran 3.5 mm hadir pada ponsel ini yang terletak pada bagian bawah. Ponsel ini juga sudah diberi opsi mengaktifkan dolby atmos yang dapat memberikan keistimewaan kala mendengarkan audio.
Sedangkan loudspeaker memiliki letak yang berbeda pada umumnya. Posisi berada pada bagian kanan frame ini bertujuan agar memberikan kenyamanan ketika multimedia sedang dimainkan, yaitu agar suara yang dimunculkan tidak tertutup jika ponsel tidak diletakkan terbalik atau tangan menghalangi sumber suara ini.

4. Harga Samsung J8

Harga resmi yang dikeluarkan untuk seri ponsel Samsung J8 ini per bulan Juli sebesar 3 juta 700 ribu rupiah yang tersedia dengan empat varian warna yaitu hitam, emas, biru, dan ungu.
Kompartemen yang didapat bersamaan dengan ponsel ini adalah sim tray ejector, kabel microUSB dengan headchargernya yang belum mendukung fast charging, headphone, serta buku panduan singkat yang tersedia dengan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Kartu garansi tidak tersedia berbarengan dengan buku panduan karena sistem garansi sudah berupa sistem digital yang otomatis terdaftar pada gerai pembelian ponsel dan ketika aktivasi ponsel pertama kali dilakukan.
Bagaimana? Cukup menarik bukan dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan untuk ponsel pasar menengah millenial ini? Tentunya keputusan apakah smartphone ini layak untuk anda beli, ada di tangan anda sendiri. Pastikan membeli karena kebutuhan, bukan karena foya-foya semata!