Inilah Daftar HP Gaming Terbaik Saat Ini

advertise here

Asus ROG, Black Shark, Razer Phone

INILAH DAFTAR HP GAMING TERBAIK SAAT INI

Sekarang, ponsel bukan jadi alat untuk sekedar berkomunikasi. Penggunaan ponsel dari masa ke masa menciptakan ponsel yang multi guna. Salah satu contoh yang dapat kita gunakan di ponsel yang kita miliki adalah menggunakan ponsel sebagai sarana hiburan kita, yaitu game. Dimulai dari game bertampilan 8-bit hingga kualitas game hampir realistis yang bahkan sering kita mainkan. Kita kenal juga bahwa game itu selalu dimainkan dengan sebuah perangkat yang berat untuk menghasilkan sebuah grafis yang memanjakan mata. Namun penciptaan inovasi yang dibarengi dengan kemajuan teknologi, sekarang pengguna pun dapat memainkan game tingkat tinggi dari sebuah perangkat yang digunakan sehari – hari. Inilah saatnya kita masuk pada masa, ponsel gaming.

Razer Phone

Tidak asing lagi untuk para gamers pc mendengarkan nama merk Razer, namun belum dari sudut pandang umum. Yap, sebelumnya merk gaming ini memproduksi peripheral pc keperluan untuk game, namun setelah Razer mengakuisisi NextBit-, maka Razer menciptakan sebuah ponsel yang memiliki aura dan fungsi yang berbeda dari hp pada umumnya, yang berguna khusus untuk bermain game.
Hal yang terpenting dari mengapa dikatakan sebuah gaming phone adalah pasti dilihat dari dapur pacunya, Memiliki spesifikasi chipset prosesor Quallcom Snapdragon 845 berkekuatan Octacore dengan kecepatan memori sebesar 8 GB dan daya tampung memori internal sebesar 64 GB yang dapat diperluas kapasitasnya dengan slot microSD hingga mencapai 512 GB. Sebenarnya memang memiliki spek tinggi namun spek ini jika dibandingkan dengan tipe ponsel biasa dari flagship masing – masing manufaktur, maka akan berbeda sedikit atau sama.
Namun, dapat dikatakan sejati sebuah ponsel gaming dari ponsel ini adalah yang pertama dari tipe layarnya. Ponsel ini pertama kali yang menggunakan IGZO IPS LCD touchscreen yang memiliki refresh rate sebesar 120 Hz. Kemudian memiliki speaker stereo yang ditempatkan di dua bagian ponsel dan berada pada tempat yang tidak akan mengganggu pengguna ketika bermain game. Bukan hanya banyak dan letak speaker, namun kejernihan, ketajaman, dan kerasnya suara sangat dapat terasa. Dan ponsel ini juga memiliki sertifikat Dolby Atmos speaker dan THX amplifier.
Walaupun spek tinggi tersebut terutama pada refresh rate layar sudah sangat tinggi dan halus, secara lapangan tidak 100% benar adanya. Itu semua juga tergantung pada kemampuan grafik tiap game yang dimainkan, Untuk beberapa game ada yang sudah mendukung refresh rate sebesar itu dan kualitas visual maksimal, namun ada beberapa permainan juga yang belum mendukung, sehingga walaupun dipasang setinggi mungkin, tetap saja tidak akan berpengaruh.
Beberapa settingan khusus gaming juga dapat diubah pada ponsel ini, hal ini mengingat untuk optimalisasi daya ponsel itu sendiri dan ke efektifan dalam bermain game. Contohnya kasus seperti tadi yaitu refresh rate. Walaupun maksimal dapat digunakan hingga 120 Hz, namun dapat diturunkan ke level 60 dan 90 Hz. Kemudian terdapat opsi Game Booster yang diantaranya built-in disturb mode yang dapat mengnonaktifkan notifikasi dan telefon sehingga tidak akan ada gangguan luar bermain game, dan konfigurasi hardware yang dapat diatur secara manual seperti tingkat clockspeed GPU, resolusi layar, frame rate per detik, dan anti aliasing.
Bagaimana dari bodi ponsel ini sendiri? Sekilas jika melihat ponsel ini akan terasa ganteng tampilannya, namun akan berbeda dengan yang dirasakan ketika dipegang. Berwarna hitam doff dengan sudut ponsel yang lancip membuat karakter ponsel ini laki sekali. Namun dimensinya, luas sebesar 158.5 x 77.7 mm dan tebal 8 mm membuat ponsel ini sulit di genggam dan tebal. Untuk dimensi ponsel memiliki ukuran 5.7 inci dengan aspek rasio 16:9.
Fitur lain yang dimiliki pada ponsel ini yaitu letak sidik jari yang unik berada pada frame bagian kanan, kapasitas baterai yang besar yaitu 4000 mAh yang mensupport fast charging Quick Charge 4+ bertenaga 24W yang dapat memberi daya 50% dalam waktu 40 menit, Tidak memiliki lubang headphone jack 3.5mm namun diberikan converter untuk memasukkan headphone melalui lubang charge.

Xiaomi Black Shark

Kali ini akan berbicara mengenai ponsel besutan Xiaomi, tidak tanggung – tanggung, merk ini juga menghasilkan ponsel seri gamingnya. Berbekal chipset Quallcom Snapdragon 845 berkekuatan Octacore, memiliki dua seri kapasitas, baik dalam memori kecepatan RAM dan memori internal sebesar 6 GB / 64 GB dan 8 GB / 128 GB dan tidak memiliki masukan kartu memori. Memori hanya berdasarkan kemampuan internalnya sendiri. Ponsel ini didasari dengan sistem operasi Android Oreo 8.1 tetapi skinnya berbeda dengan skin Xiaomi pada umumnya, khusus untuk seri gaming, diberi skin Joy UI 1.0.
Keunggulan bermain game pada ponsel ini dapat dirasakan dimulai dari mode gamenya. Xiaomi memiliki tombol Shark Key untuk mengaktifkan mode gaming atau disebut Shark Space pada bagian frame kiri. Ketika diaktifkan maka semua settingan untuk bermain siap diluncurkan, seperti tombol navigasi yang tidak aktif, hingga setelan khusus untuk memberikan tombol untuk mempermudah memainkan game. Mengoperasikan game tidak perlu khawatir, dapat diatur dengan grafis maksimum hingga 60 fps sesuai kemampuan aplikasi tiap game. Tidak berhenti pada itu saja, keunikan ponsel ini dalam bermain game dilengkapi dengan game pad tambahan yang dipasang pada bagian atas ponsel, Memberikan tombol tambahan seperti tombol analog, dan beberapa tambahan tombol lainnya yang dapat dikonfigurasikan fungsinya untuk masing-masing setelan game.
Jika orang tua membelikan ponsel ini kepada anaknya dan khawatir akan ketagihan dalam bermain, bagaimana? Ponsel ini memiliki solusinya. Terdapat sebuah setelan bernama Anti Addiction yang memberikan batasan waktu bermain, menyembunyikan game yang telah di install, dan akan juga memberikan informasi berapa lama dan game apa yang telah dimainkan.
Tampilan ponsel ini mencirikan bahwa ini bukan ponsel biasa. Berukuran ponsel 161.6 x 75.4 mm dengan tebal 9.3 mm ini menjadikan ponsel ini solid. Tapi apakah enak digenggam? Ketika digenggam akan terasa licin di bagian belakang ponsel, namun ada kompartemen tambahan yaitu bumper, yaitu sejenis casing namun tidak menutupi semua bagian ponsel yang memiliki fungsi sebagai mempermudah memegang ponsel dan sebagai penahan untuk game pad tambahannya. Terdapat logo ponsel ini di bagian belakang dapat menyala lampu yang dapat diatur warnanya pada bagian pengaturan.
Dimensi layar berukuran 6 inci yang sayangnya masih berbasis IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dengan rasio 18:9.
Sensor sidik jari berada di bagian depan bawah, dan jika Shark Space diaktifkan maka sensor ini dapat berfungsi sebagai pengaturan gaming dengan cara meng-swipe ke bawah. Memiliki kapasitas baterai 4000 mAh yang dapat diisi dayanya dengan kekuatan fast charging Quick Charge 3.0 bertenaga 18W.

ASUS ROG Phone

ASUS ROG tidak mau ketinggalan dengan kompetitor – kompetitor lainnya. Setelah sukses mengembangkan seri laptop, maka ROG juga melihat bahwa bukan laptop atau pc saja yang merupakan konsol bermain, namun ponsel juga. Maka dari itu, ROG menciptakan ponsel yang bernama ROG Phone.
Impresi pertama melihat sebuah konsol game salah satunya berdasarkan fisiknya. ROG Phone memiliki desain yang futuristik, bermotif lancip pada hardware yang muncul di permukaan memberikan aura ketegasan ponsel, bagian tengah belakang terdapat lambing khas ROG berwarna RGB.
Ponsel ini memiliki dapur pacu prosesor chipset Quallcom Snapdragon 845 clockspeed 2.96 GHz berkekuatan Octacore, memiliki kapasitas RAM 6 dan 8 GB serta kapasitas memori internal 128 dan 256 GB. Kapasitas tidak disediakan tambahan microSD. Berpondasi operasi sistem Android Oreo 8.1 dengan skin ROG Gaming UI.
Ponsel ini memiliki satu lubang headphone jack dan dua USB tipe C. Apa guna dua USB dalam satu ponsel? Pada satu bagian digunakan sebagai input kabel daya biasa, namun bagian satunya yang terletak di bagian frame kiri ini digunakan sebagai input untuk sistem pendingin tambahan atau yang disebut sebagai Aeroactive Cooler. Sebenarnya, ponsel ini sudah memliki sistem pendingin individu dalam ponsel, namun jika masih kurang, dapat ditambah dengan perangkat tersebut. Perangkat ini jadi satu dengan ponselnya sehingga tidak perlu membeli lagi. Ponsel ini memiliki gaming mode dengan cara aktivasi yang sangat unik. Dengan menggenggam ponsel ini, kemudian aka nada feedback getar yang memiliki tanda bahwa ponsel sudah memasuki mode gaming. Sama cara halnya untuk mematikan fitur tersebut.
Ponsel gaming ini berukuran luas 158.8 x 76.2 mm dengan tebal 8.7 mm serta dimensi layar selebar 6.0 inci dengan tipe display AMOLED touchscreen beresolusi 1080 x x2160 piksel memiliki refresh rate 90 Hz, yang dilindungi dengan Gorilla Glass.
Ada beberapa jenis perangkat tambahan diluar paket ponsel sebagai peripheral tambahan untuk kenyamanan bermain. Yaitu Twinview Dock yang memiliki dua layar gaming, ASUS Wigig Dock yaitu perangkat tambahan sebagai tombol fisik ala console game, dan Mobile Dsktop Dock yang dapat memindahkan cara bermain di ponsel berubah di pc.
Ponsel ini bertahan daya sebesar 4000 mAh dengan pengisian daya fast charging Quick Charge 4+ memiliki tenaga hasil 30W. Speaker sudah bersifat stereo. Hanya terdapat satu seri warna yang tersedia yaitu warna hitam.